Cara Mudah Memulai Berinvestasi Reksadana Bagi Pemmula

Cara Mudah Memulai Berinvestasi Reksadana Bagi Pemmula

Mungkin buat segelintir orang berinvetasi di reksadana itu asing dan susah . kebanyakan dari mereka masih belum memahami . Bagaimana kinerja Reksadana yang akan mereka investasikan . Pandangan dan doktrin untuk menabung di bank konvesnional masih menjadi pilihan kebanyakan orang . Namun sebenarnya jika di hitung – hitung dan dikalkulasi .

Dengan menaruh uang kita di dalam bank , ada yang mengalami kerugian dan bahkan ada yang mengalami keuntungan . So Bagaimana menurut kalian apakah tetap akan berjalan pada budaya yang sudah berjalan . Atau ingin beralih dan menjadi pelopor berinvestasi di Reksadana .

Namun seblum kita mengenal lebih dalam lagi mengenai Reksdana , Ada kalanya kita untuk berkenalan terlebih dahulu . Ingat kata peribahasa lama bahwa “Tak Kenal maka Tak Sayang ” . Demi lancarnya berinvestasi teman – teman lebih baik kita berkenalan dengan reksadana ini .

Sekilas Reksadana

Reksadana adalah sebuah instrumen investasi dana himpunan yang di kelolah oleh seorang Manager Investasi . Manager investasi ini sudah memiliki Sertifikat dari OJK , Ataupun TICMI . Semua dana yang di kelola akan di awasi oleh OJK sebagai pihak teratas dari semua industri keuangan di indonesia . Penyelenggara reksadana ini adalah sebuah perusahaan Asset Management . Dimana dia akan bertanggung jawab mengelola dana yang sudah di percayakan kepada mereka.

Penyelenggara pasar reksadan terdiri dari , OJK , KSEI , Bank Kustodian , Manager Investasi , Agen Penjual . Berbeda dengan saham dimana Ada IDX sebagai penyelenggara . Disini Reksadana akan langsung di beli ke manager investasi melalui Agen penjual yang ada .

Reksadana berbeda dengan investasi bodong pada umumnya . Reksadana sudah di kelola oleh badan yang memiliki sertifikat yang bisa di pertanggung jawabkan . Dan semua yang di investasikan memang benar adanya dan bisa kita telusuri sendiri.

Nah bagaimana sudah sedikit paham bukan megnenai reksadana , bahwa instrumen ini bukan sebuah instrumen yang main – main . Semua portofolio yang di investasikan Manager investasi tersebut akan di  laporkan kepada PT Kustodian Sentral Efek sebagai tempat kita menyimpan reksadana kita.

Cara Memulai berinvestasi Reksadana

Setelah panjang lebar kita mengenal sekilas reksadana . Mungkin banyak di antara kita yang sudah tak sabar untuk memulai berinvestasi di sektor ini . memang resiko yang dihasilkan oleh instrumen ini sedikit lebih rendah dari Instrumen Investasi Saham . Karena dalam reksadana uang yang kita setorkan akan di kelola oleh manager investasi . Namun jika kita berinvestasi saham dana akan kita kelola dengan sendirinya .

Memulai berinvestasi tidak lah sulit . Reksadana sudah  mudah di jumpai di mana pun dan dalam bentuk platform apapun . Berapa modal yang kita perlukan untuk memulai berinvestasi di Reksadana ? . Banyak ? besar ? dan tidak terjangkau ? .

Upss Mungkin teman – teman harus membuang jauh – jauh pemahaman seperti itu . berinvestasi di reksadana bisa di mulai dengan modal Rp 10.000 . Dengan biaya jual ataupun beli tidak ada di bebankan sama sekali. Dan enaknya lagi Reksadana tidak dikenakan Pajak . biasanya jika sudah berbau – bau pajak teman – teman senang ini .

Langkah – Langkahnya bagaimana ? apakah susah dan tidak bisa di pelajari ? . hmm mungkin ini kabar gembira buat teman – teman semua . Dikarenakan Langkahnya sangat gampang dan tidak terlalu sulit. Berikut adalah langkah pertama kita memulai berinvestasi di Reksadana .

1. Pahami Resiko Setiap Reksadana

Reksadana walaupun merupakan sektor investasi yang sangat menjanjikan . mereka juga memiliki beberapa resiko yang harus kita pahami . Dikarenakan tidak semua sektor reksadana di investasikan di dalam instrumen investasi yang minim risknya . Contoh Reksadana Saham reksadana jenis ini adalah semua dana nasabah yang di himpun akan di investasikan kedalam Instrumen Saham . Dimana risk dan rewardnya di dalam dunia saham tersebut sangatlah besar . Bisa di kata hampir 50:50 jadi keuntungan dan kerugian berbanding seimbang .

Namun ada juga resiko reksadana yang bahkan tidak akan mengalami kerugian yang besar . Siapa ? , Yang mana ?. Reksadana jenis ini adalah reksadana Pasar Uang . Dimana resiko kerugian yang dihasilkan sangat minim sekali .

2. Tentukan Tujuan Berinvestasi Untuk Apa

Semua tekad berinvestasi pasti ada tujuan yang ingin tersampaikan . Sama halnya seperti Reksadana , sebelum kita memulai berinvestasi ada baiknya atur tujuan kita . Untuk apa hasil yang akan di dapatkan nantinya . Selain itu tentukan berapa besaran uang yang bisa kita tabungkan di reksadana tersebut.

Dengan terbentuknya tujuan apa yang di harapkan , Maka sambil berjalannya waktu pasti investasi reksadana kita akan terjaga dengan disiplin

3. Kenalan Terlebih Dahulu Dengan produk

Malu bertanya sesat di jalan . Mungkin ini adalah hal yang cocok untuk seri ketiga ini . Dimana Banyak sekali produk reksadana yang ada di pasaran . Selain produknya banyak Reksadana juga di hasilkan oleh bermacam – macam manager investasi. Oleh karena itu sebelum membeli kenalilah sebanyak mungkin reksadana terbaik menurut kita .

Dimana dengan mengingat maka dengan mudah kita bisa melakukan rebalancing portofolio jika di perlukan .

4. Transaksi Reksadana

Mungkin ini harus di ketahui oleh teman – teman semua . Bahwa harga reksadana yang ditampilkan hari ini adalah harga yang terbentuk pada Hari perdagangan sebelumnya Sehingga data yang di tampilkan saat ini bukan merupakan harga acuan untuk jual atau beli.

Sistem transaksi reksadana biasanya akan memakan waktu 3 Hari kerja sejak di inputnya order kita di Agen Penjual . Apabila transaksi dilakukan jam 09:00 s/d jam 13:00 maka transaksi kita akan di proses hari itu juga dan harga NAB yang terjadi pada hari itu . Namun apabila kita membuat order diatas jam 13:00 maka permintaan kita akan di proses di hari berikutnya dengan mengikuti harga NAB pada hari berikutnya juga .

 

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan . Jika ada pertanyaan silahkan teman – teman bisa kirim email ke cs_reksa@tesa-group.id dengan gratis. Semoga investasi reksadananya bisa segera terwujud dan tercapai tujuannya. Next kita akan bahas beberapa agen penjual yang layak untuk di lirik.

Terima kasih Salam profit !

Share this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *